Salah Niat

Hidup tuh kalo salah niat bisa bikin gak bahagia bahkan bisa emosi.
Seperti pengalaman pribadi ku.
Dari anak pertama ku masih di kandungan, aku suka bacain buku. Insya Allah dulu niatnya masih bener, biar anak suka baca buku dan "belajar" sejak dalam kandungan.
Alhamdulillah sejak masih bayi Allah kasih Khansa rezeki punya buku-buku dan suka baca (mainan) buku.

Sekarang usia Khansa 2 tahun 4 bulan. Alhamdulillah Khansa masih suka baca buku. Suka minta bacain kalo mau tidur.

Nah, disini permasalahannya.
Mindset ku kalo Khansa mau tidur, dibacain buku. Jadi, kalo dia minta bacain buku aku mikir dia mau tidur.

Ternyataaaaa
Tidak saudara-saudara!

Mulut ku udah pegel bacain berhalaman-halaman buku, bahkan sampe aku ngantuuuukkk. Terkadang sampe aku ketiduran atau setengah sadar.
Anaknya masih meleeekk aja. Malah kadang sambil main.

Saat-saat inilah emosi ku naik.
Pegel bacain buku, ngantuk, anak keliatan udah ngantuk tapi maksa melek, minta bacain buku tapi mainan. Huaaaaaaa

Duaaaarrr!
Meledaklah emosi kuuu
Huhuuuuu

Tentu saja merasa bersalah setiap habis meledak.

Sampai (atas izin Allah) aku berpikir, kenapa ya aku bisa emosi selain karena alasan di atas?

Jawabannya :
Aku salah niat.
Niat ku bacain buku untuk bikin anak tidur bukan untuk proses belajar anak.
Jadi, aku gak menikmati bacain dia buku, ketika anak gak tidur-tidur, aku bisa marah.

Aku pernah dikirimi ibu ku tulisan yang isinya kurang lebih seperti ini :
Ibu dari orang-orang shalih zaman dulu saat menyusui anaknya niatnya supaya ASI nya itu bisa menjadi asupan agar anaknya tumbuh menjadi anak yang kuat, pintar, shalih. Kalau ibu zaman sekarang kebanyakan niatnya untuk bikin anak tidur, maka generasinya jadi generasi yang suka tidur.

Naaah beneeerrr.
Kejadian di Khalid, keliatan udah ngantuk, bolak balik nyusu tapi gak tidur. Malah seger main. 
Lagi-lagi salah niat. Bukan meniatkan ASI untuk menjadi bahan bakar agar anak tumbuh jadi anak yang shalih tapi hanya untuk bikin anak tidur.

Huhuuuu
Atas apa yang terjadi sama hidup ini memang perlu dicek lagi segala sesuatunya termasuk niat.
Salah niat ya salah juga hasilnya.

Yuk bisa yuk memperbaiki diri menjadi ibu yang lebih baik untuk anak-anak.
Semoga Allah mudahkan. Aamiin.

Postingan populer dari blog ini

Realistis vs Idealis

Berharap